Membuat Laporan Magang

Bagi kawan-kawan yang sedang menenpuh semester VII tentunya diwajibkan untuk mengikuti kegiatan lapangan yang pada tiap fakultas/Perguruan Tinggi itu namanya berbeda-beda, untuk Fakultas Hukum Unpas ini sudah beberapa tahun belakangan ini danamakan Kuliah Kerja Magang (KKM). Pada intinya kegiatan ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya megaplikasikan berbagai teori yang sudah diterima di bangku kuliah, membantu menyosialisasikan hukum kepada masyarakat serta mendekatkan mahasiswa dengan masyarakat sebagai salah satu bentuk pengabdian terhadap masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi).
Kegiatan Kuliah Kerja Magang ini menjadi suatu hal yang mengasyikan, karena mahasiswa bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat melalui kegiatan penyuluhan hukum yang temanya ditentukan oleh mahasiswa sendiri.
blogger-emoticon.blogspot.comJangan lupa, seusai kegiatan ini, tentunya ada laporan yang harus kawan-kawan susun sebagai pelengkap dari kegiatan yang telah kawan-kawan selesaikan. Apa aja sih yang jadi isi laporan magang?? Tengok di sini ya...
Membuat laporan magang ngga terlalu sulit kok, soalnya ada beberapa isi laporan yang bisa dikerjakan bersama-sama dengan teman satu kelompok meskipun beberapa hal lain memang harus dikerjakan sendirian.
Kawan-kawan bisa melihat buku panduan KKM untuk susunan selengkapnya, biasanya laporan ini terdiri dari empat bab. Bab I (pendahuluan), Bab II (Rencana Kegiatan), Bab III (Pelaksanaan), dan Bab IV (Penutup).
Isi Bab I ini terdiri dari :

* Latar Belakang, untuk latar belakang ini diisi ngga hanya dengan latar belakang magang saja, tetapi juga latar belakang dari pengambilan judul laporan magang kawan-kawan, intinya jangan meng-copy-paste dari latar belakang yang ada di buku panduang KKM ya...
* Maksud dan Tujuan Kegiatan, di poin ini, kawan-kawan isi dengan maksud KKM dan Tujuan KKM itu sendiri, kalau yang ini hampir sama dengan yang ada di buku panduan.
* Manfaat kegiatan KKM ini juga harus kawan-kawan masukan ke dalam laporan, misalnya masyarakat dapat lebih mengetahui tentang hukum dengan adanya penyuluhan di dalam kegiatan KKM.
* Untuk metode pelaksanaan, metode yang diambil ini seperti yang telah dijelaskan di mata kuliah Metode Penelitian Hukum, tergantung dari metode apa yang kawan-kawan gunakan juga mencakup teknik pengumpulan datanya.
* Yang terakhir di Bab I ini yaitu tentang sistematika penulisan (pasti udah ngerti kan yang ini, soalnya hampir sama dengan makalah).

Kalau masih rada-rada nge-blank, bisa download contohnya di sini

Sekarang tentang Bab II nih, di Bab II ini berisi tentang rencana kegiatan kerja masing-masing kelompok, jelaskan tentang kondisi umum di tempat KKM juga program kerja yang dilakukan di lokasi KKM (nah, yang ini tiap anggota kelompok bisa ngerjain bareng-bareng)
blogger-emoticon.blogspot.commantap kan...?

Untuk download contoh Bab II, silakan klik di sini

Bab III ini yang agak susah sedikit, soalnya isi laporan ini tentang pelaksanaan serta pembahasan dari judul yang diambil (pelaksanaan di lapangan seperti apa, misalnya kalau kawan-kawan ngambil judul tentang perkawinan sirri, kawan-kawan harus memaparkan data yang kawan-kawan peroleh tentang perkawinan sirri di lokasi KKM seperti apa.)

Untuk contoh Bab III, silakan download di sini

Kalau Bab IV, ya, yang ini pasti kawan-kawan sudah cukup ngerti karena
isinya kesimpulan dari pembahasan-pemsahasan sebelumnya dan saran yang diberikan kepada pihak-pihak terkait.

Kalau perlu contoh Bab IV juga bisa download di sini

blogger-emoticon.blogspot.comSelamat Berjuang...


You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berikan komentar, saran dan kritik sangat ditunggu... ^^

Terimakasih atas kunjungannya, mohon maaf bila masih terdapat kekurangan di dalam blog ini. Silakan berikan saran, kritik dan komentar untuk perbaikan.